Jumat, 17 Desember 2010

MENGENAL SISTEM KOMPUTER


Sistem
Sebenarnya apa yang dimaksud dengan sistem? Secara sederhana sistem dapat diterjemahkan: Suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan.
Seperti disebutkan di atas, sistem tidak hanya melibatkan suatu fungsi saja atau prosedur saja, namun merupakan suatu kesatuan dari semua hal yang dilibatkan untuk pekerjaan yang diinginkan dapat terlaksana dengan baik.

Komputer
Komputer berasal dari bahasa latin dari kata Computare, yang berarti menghitung (dalam bahasa Inggris to compute). Secara umum definisi komputer tersebut adalah suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu.
Kita tentu sepaham, komputer tidak mengerti bahasa manusia. Lalu bagaimana perintah manusia tersebut bisa dimengerti oleh komputer? Sedangkan mesin komputer bekerja berdasarkan arus listrik yang ada padanya.
Disinilah dibuat suatu aturan tertentu bagaimana keinginan manusia tersebut bisa diterjemahkan agar mesin bisa memahaminya. Mesin secara elektronik dapat memahami perintah ini dengan beberapa perintah dasar yang dia miliki (instruction set).           
Manusia membuat perintah ke komputer melalui sebuah program, dimana program ini berisi instruction set itu tadi. Sehingga secara otomatis melalui program yang telah disusun tersebut komputer bisa mengerti apa yang harus dikerjakannya.
Dengan keterangan di atas, jelaslah bahwa wujud komputer tersebut bisa saja berupa kalkulator , notebook , komputer pribadi , dan lain-lainnya. Komputer adalah hasil dari kemajuan teknologi elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analisis ilmiah, simulasi dan untuk kontrol peralatan.



Sistem Komputer
Sistem komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware).

Skema Dasar Sistem Komputer

Pada abstraksi tingkat atas, sistem komputer terdiri atas 4 komponen. keempat komponen bekerja dan saling berinteraksi untuk mencapai tujuan sistem komputer,yaitu komputasi.
Keemp  at komponen sistem komputasi adalah :
1. pemproses
Pemproses merupakan jantung komputer, berfungsi mengendalikan operasi komputer dan melakukan pemprosesan data. pemroses menghitung, melakukan operasi logic dan mengelola aliran data dengan membaca instruksi dari memori dan mengeksekusinya.
2. Memori Utama.
Memori Berfungsi untuk menyimpan data dan program.Terdapat beberapa tipe memori, mulai yang tercepat aksesnya sampai yang terlambat.
3. Perangkat Masukan Dan Keluaran.
Perangkat masukan dan keluaran terdiri dari dua bagian,  yaitu:
a. komponen mekasisme adalah perangkat itu sendiri.
b. komponen elektronis yaitu pengendali perangkat berupa chip controller.
4. Interkoneksi antar Komponen.
Interkoneksi antar komponen disebut bus.
Bus terdiri dari tiga macam yaitu :
a. Bus alamat(address bus).
b. Bus data (data bus).
c. Bus kendali (control Bus).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar